Kali ini judulnya mengatur koneksi PPPOE di modem ADSL. Seperti sudah kita ketahui, mayoritas modem adsl menyediakan 2 modus koneksi, yaitu PPPOE dan bridge. modus bridge lebih mirip modus dialup di modem V90.
Yang kita bahas sekarang adalah mode PPPOE.
    SETTING MODEM
Pertama kali anda harus masuk ke menu admin modemnya, caranya sangat mudah, buka browser anda dan ketikkan alamat 192.168.1.1


Jika diminta memasukkan username dan password, masukkan user admin dan password yang biasanya merupakan password default adalah “admin”,”password”,”12345″ atau baca di buku manual modem anda.
Jika username dan password anda benar anda akan masuk ke halaman status modem seperti dibawah ini, beda modem mungkin akan beda penampilan tetapi kurang lebih isinya sama

Langkah selanjutnya adalah melakukan settingan PPPOEnya, klik pada menu internet interface dan pilih WAN configuration.

Setelah masuk menu WAN Configuration masukkan nilai dibawah ini:
VPI : 8
VCI : 81
Channel Mode : PPPOE
username : nomorlanggananspeedy@telkom.net
password : password speedy
setelah itu klik tombol ADD

Setelah itu simpan hasil konfigurasi anda dan restart modem anda. Tunggu beberapa saat sampai lampu indikator “internet” di modem anda menyala. untuk melihat apakah benar-benar sudah konek atau belum perhatian gambar dibawah ini dan bandingkan dengan gambar pertama.

    SETTING ACCESS POINT
jika sudah aktif, tahap selanjutnya adalah mengatur akses point anda agar anda bisa mengakses internet melalui jaringan nirkabel tanpa harus ribet mengatur ip dan dns di laptop anda. Sebenarnya, akses point hanya akan kita pakai sebagai DHCP server.
Untuk menghindari IP conflict atau kesamaan IP oleh dua buah perangkat, lepaskan modem dari komputer anda dan nyalakan akses point anda. Untuk mempermudah konfigurasi, gunakan salah satu koneksi RJ45 di akses point, atau pada beberapa akses point generasi baru, akan secara otomatis melakukan konfigurasi dan melakukan handshaking otomatis ke komputer anda.
Buka browser anda dan masuk ke ip 192.168.1.1, pada prosedur ini sama dengan prosedur konfigurasi modem. Tahap selanjutnya, ganti IP akses point anda dengan memilih menu network, dan ganti alamat 192.168.1.1 ke alamat lain, seperti 192.168.1.10. Simpan konfigurasi anda dan reboot akses point anda.

Setelah restart, akses menu konfigurasi akses point dengan alamat baru 192.168.1.10, untuk mengkonfigurasi DHCP server. Pilih menu DHCP setting, masukkan default gateway ke IP modem anda, dan di bagian DNS, masukkan DNS ISP anda. Simpan konfigurasi, dan reboot akses point anda.

Voilaaa … seharusnya anda dan anggota keluarga lainnya bisa berbagi pakai speedy dengan hotspot hasil karya anda sendiri …

Tips Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi